Tips Memilih Jurusan di SBMPTN “Berdasarkan Pengalaman”

Pasti banyak sekali calon – calon mahasiswa seperti kalian yang sangat bingung untuk memilih jurusan yang bakal dicantumkan di pendaftaran online SBMPTN. Cuman yang pertama kali saya tekankan yaitu jangan terlalu buru – buru dalam mendaftar, kalo misalnya belum pas kali ama pilihan terus kemampuan kalian belum mencukupi dalam jurusan yang akan kalian pilih, tahan aja dulu, pendaftarannya lama kok, sebulan.

Berikut tips – tips penting saat hendak memilih jurusan :

1.   Pilihlah jurusan yang memang betul – betul kalian suka. Jangan pernah ikut – ikut dengan teman atau pun orang lain, itu urusan orang itu mau milih apa. “Yang kalian suka dan pengen”, itu yang kalian pilih. Jangan sampai ada tragedi 2 kali daftar, dah buang-buang duit namanya.

2.      Jangan pikirkan kerja sebelum kuliah. Kadang banyak orang dia berpikir seperti ini,” kalo aku milih jurusan ini, peluang kerja aku sikit, terus kerja disini gajinya terlalu sikit, dan apalah. Jangan pernah kalian berpikir seperti itu, kerja tidak bisa kalian tentukan di saat – saat seperti ini. Kalo kerjaan dah pasti dapat. Fokus aja dulu ama satu, yaitu lulus SBMPTN dan masuk PTN. Nanti kan dah di PTN kalian ada dibagi bidang lagi, kalian mau menjurus kemana. Disitu lah kalian bisa berpikiran seperti itu, jangan sekarang.

3.      Jangan terlalu terpaku dengan PTN yang terkemuka, mungkin seperti ITB, UGM, UI atau yang lain. Boleh kalian milih ke situ, gak salah, namun balik lagi ke diri kita masing – masing. Kita sanggup gak masuk kesitu. Boleh suka, cuman harus diimbangkan dengan kemampuan ya. Ingat ya, SBMPTN cuman sekali dalam setahun tu. Itulah mungkin gunanya ikut BimBel, di BimBel kita bakalan tahu kemampuan kita sampai sejauh mana, tiap minggu ada try out atau simulasi SBMPTN, jadi disitulah kita tahu kemampuan kita untuk masuk PTN mana. Cuman yang gak ikut BimBel pun gak masalah juga. Yang penting jurusan kalian dulu lah, kalo PTN urusan belakang.

4.     Kalian yang sedang ikut program BimBel ataupun sering mencari – cari informasi di internet pasti sering melihat passing grade tiap jurusan di berbagai PTN. Itu memang harus kalian perhatikan, namun jangan terlalu terpaku dengan berapa grade jurusan yang mau kalian pilih. Sebenarnya Passing Grade itu adalah persen dari jumlah orang yang diterima/daya tampung dibandingkan dengan jumlah orang yang mendaftar jurusan itu. Terus Kalian harus yakin dengan kemampuan kalian. Soalnya grade itu adalah grade di tahun sebelumnya. Jadi tidak mungkin sama dengan tahun ini. Balek lagi ke tips nomor 1 dan 3.

5.     Sering – sering lah solat istiqoroh ya biar dikasih ama Allah jalannya, terus sempatkan konsultasi ama abang atau kakak kelas yang dah berpengalaman, ama tentor mungkin atau juga ama orang tua. J