Top Six Korean Movies in the 21st century

Umumnya ketika kita mendengar mengenai film korea, yang terlintas di pikiran kita yaitu film yang bersifat drama percintaan yang alur ceritanya hampir selalu sama dan mudah ditebak. Untuk para pencinta film yang jarang menonton film korea jangan sampai terhenti pada paragraf pertama ini karena awalnya saya juga kurang tertarik ketika disaranan untuk menonton film korea sebab hal yang terjadi pada drama korea pada umumnya tidak terdapat pada enam film korea berikut yang memiliki alur cerita sangat luar biasa dan sulit ditebak. Rating keenam film ini juga lumayan tinggi pada situs IMDB. Berikut daftar enam film top korea di tahun 2000-an.

6. Train to Busan (2016), 1jam 58menit

Film yang diproduksi tahun 2016 ini memiiki genre drama dan horror sebab film ini bercerita tentang zombi yang  berkembang di suatu kota di korea serta dibumbui sedikit drama pada beberapa tokoh. Latar utama kejadian film ini yaitu di suatu kereta yang sedang menuju ke kota Busan dan ini yang dijadikan sebuah judul untuk film ini. Meskipun film ini mengenai zombie yang sebenarnya sudah terlalu sering pada film holywood lainnya namun pada film Train to Busan, ceritanya disajikan dalam bentuk yang menarik serta banyak teknik-teknik baru yang ditunjukkan sang sutradara Sang-ho Yeon seperti perlawanan manusia terhadap para zombie serta hal-hal yang dapat menjinakkan para zombie yang dapat membuat penonton menebak-nebak sesuatu yang akan terjadi selanjutnya. Alur film ini berjenis alur maju sehingga mudah untuk diikuti oleh berbagai kalangan.  Film ini memiliki rating 7,5 di IMDb dari 111.773 orang yang memberi rating.

Trailer Train to Busan

5.My Way (2011) 2 jam 17 menit

Film ini memiliki jenis yang berbeda sendiri dari keenam film ini karena berkisah tentang sebuah tragedi nyata pada masa penjajahan kekaisaran  jepang terhadap warga korea sampai dengan perang dunia. Meskipun film ini diadopsi dari kisah nyata seorang pria korea namun film ini dibuat menakjubkan oleh sutradaranya yang menyebabkan kisah dalam film ini menjadi luar biasa. Film ini berdurasi 2 jam lebih dan di dalamnya memiliki cerita yang sangat banyak yaitu dari kehidupan sekelompok pemuda yang biasa-biasa saja di suatu perkampungan kecil kemudian berlanjut ke cerita peperangan di jepang lalu berlanjut ke perang dunia di eropa. Beragam cerita tersebut berhasil disulap sang sutradara dalam durasi hanya 2 jam 10 menit agar penonton tidak terlalu bosan karena penonton akan sangat tertuju pada dua tokoh utama dalam film ini yaitu antara seorang pemuda korea dan pemuda jepang yang sebenarnya telah kenal sejak kecil namun dipisahkan karena adanya perbedaan strata antara warga jepang dan korea.

Cerita awalnya menyajikan sebuah kisah bahagia dari seorang pemuda korea dengan kemampuannya di bidang olahraga marathon yang bersaing dengan pemuda jepang tersebut sehingga dalam suatu momen yang menjadi puncak serta awal dari drama film ini ketika warga korea merasa dicurangi oleh pihak jepang yang menyebabkan kerusuhan dan akibat dari kerusuhan inilah sebagian pemuda korea dipaksa untuk menjadi tentara binaan jepang. Saya rasa awal cerita ini dapat membuat anda tertarik untuk menonton film ini. Film ini memiliki rating 7,8 di IMDB.

Trailer My Way

4.The Chaser (2008) 2 jam 5 menit

Judul filmnya jika diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu Sang Pengejar. Ya, film ini memang bercerita tentang pengejaran baik secara fisik atau berlari-lari mengejar penjahat maupun pengejaran bukti yang dilakukan sang penjahat. Tokoh utama film ini yaitu seorang Germo yang merasa aneh dengan beberapa kejadian belakang bahwa para anggotanya dikabarkan melarikan diri setelah menerima pesanan beberapa pemesan. Namun lama kelamaan hal ini terasa aneh dan meningkatkan kecurigaan seorang germo tersebut. Tapi tenang, film ini bukan sebuah film yang fokus dengan wanita tunasusilanya melainkan aksi dari sang germo atau tokoh utama dalam film ini yang diperankan oleh Kim Yun-Seok yang memang dia merupakan mantan anggota kepolisian yang membuka bisnis ini. Selama menonton ini banyak hal yang membuat kita sebagai penonton merasa kesal dan dongkol dengan beberapa adegannya dan juga dengan tokoh penjahatnya yang menjadi pemesan para wanita dari sang pemiliki bisnis tersebut namun hal ini lah yang menjadi kunci utama kesuksesan film tersebut. Sebab ini  menjadi ciri khas dari sebuah film thriller yang sukses di pasaran. Film ini juga didasarkan pada kisah nyata dari sebuah tragedi pembunuhan yang pernah terjadi di korea selatan. Film ini sukses meraup keuntungan besar dan juga memperoleh banyak penghargaan baik lokal maupun internasional seperti film Oldboy dan Memories of Murder.Film ini meraih rating 7,9 di IMDb.

Trailer The Chaser

3.The Wailing (2016) 7,4 2 jam 36 menit

Lagi-lagi film horror masuk dalam pilihan penulis sebagai film korea terbaik. Namun film ini lebih banyak nuansa horrornya dari pada kenampakan sosok hantunya tidak seperti film Train to Busan tadi. Film ini berlatarbelakang di sebuah desa yang sedang ditimpa sebuah bencana manusia berupa penyakit parah hingga kematian yang tanpa sebab. Skema kejadian ini selalu sama di tiap kematiannya mulai dari sakit aneh yang menimpa salah satu anggota keluarga, kemudian kematian seluruh keluarga yang ada di rumah yang dibunuh oleh anggota keluarga yang sakit tersebut dan disusul oleh kematian sang pembunuh tersebut.

Suatu ketika kejadian ini menimpa sebuah keluarga kecil seorang polisi desa tersebut yang dialami oleh putri tunggalnya. Berbagai usaha telah dilakukan sang polisi tersebut yang juga diikuti oleh rasa penasarannya sehingga mulai mengarah ke hal mistis yang dia juga sempat bertemu dengan roh hantu. Nah, awal pertemuannya dengan roh tersebut yang menjadi puncak dari film ini yang tidak boleh diceritakan disini karena akan menyebabkan kebocoran dari film ini. Film ini mendapat rating di IMDb 7,4.

Trailer The Wailing

2.Oldboy (2003) 8,4, 2 jam

Dua film terakhir ini menjadi film paling top korea abad ke 21 menurut penulis akan tetapi film Oldboy diletakkan di nomor dua meskipun memiliki rating lebih tinggi dari Memories mof Murder yaitu 8,4 dengan alasan tingkat kebosanan yang terlalu lama pada film ini. Hampir setengah durasi film memiliki alur yang sangat datar namun hal ini dibalas dengan klimaks cerita setelahnya yang membuat mata penonton menjadi terbuka lebar dan mungkin sebagian besar akan kembali mengulang-ulang ceritanya setelah tau maksud dari cerita ini.

Alur film ini disajikan dalam jenis maju mundur sehingga membuat penonton bertanya-tanya sebenarnya apa maksud dari film ini dan hal ini juga terjadi di dalam film ketika seorang peran utama antagonis menanyakan kepada sang tokoh utama “untuk apa kau dibebaskan?”. Film ini bercerita tentang seseorang yang telah lama menghilang dari peredaran karena diculik oleh orang yang tidak pernah diketahui identitasnya oleh polisi dan dikurung dalam sebuah ruangan selama 20 tahun dan yang sadisnya istrinya dibunuh dan anaknya hilang entah kemana. Hal ini lah yang membuatnya terobsesi untuk balas dendam dan mencari tahu siapa yang melakukan ini dan berniat untuk membunuhnya atas apa yang telah dilakukan kepada dirinya serta keluarganya. Pencarian inilah yang mempertemukan dia dengan seorang wanita yang membantunya untuk menemukan penjahat tersebut yang lama kelamaan petunjuknya terkuak. Bagaimana hasil pencariannya dan siapa yang melakukan ini kepadanya serta apa motif di balik itu semua.

Trailer Oldboy

1.Memories of Murder (2003) 2 jam 12 menit

Diproduksi pada tahun yang sama dengan film Oldboy dan sama-sama memenangi banyak penghargaan internasional, film ini ditempatkan oleh penulis pada peringkat 1 film korea terbaik abad 21. Film ini berjenis thriller dan beralur cerita maju karena bercerita tentang sebuah pembunuhan berantai pertama kali yang terjadi di korea pada rentang tahun 1986 sampai 1991, jadi film ini merupakan kisah nyata yang berhasil difilmkan oleh sang sutradara Bong Joon-ho pada tahun 2003.

Tokoh utama film ini yaitu tiga orang detektif dengan karakter yang berbeda-beda dan perbedaan karakter inilah yang membuat film ini tidak pernah memberikan kebosanan di tiap scene-nya karena dibumbui oleh komedi-komedi dari sifat dua orang detektif yang memang memiliki watak kocak, berbeda dengan satu orang detektif yang menjadi tokoh dengan watak kalem. Namun komedi ini berbarengan dengan misteri yang tak kalah serunya dan juga menegangkan karena kejadian pembunuhan yang terjadi pada orang lain namun memiliki rentetan kejadian yang mirip. Berbagai bukti terus dicari mereka guna menghentikan pembunuhan ini dan menangkap penjahat keji tersebut. Serupa dengan The Chaser, film ini lebih membuat kesal penonton karena kita dibuat menunggu dengan punchline-punchline yang disajikan film ini akan tetapi inilah yang membuat film ini tidak bosan untuk ditonton karena rasa penasaran tersebut sehingga film ini meraih rating di IMDb sebanyak 8,1. Cerita ini tidak boleh diceritakan terlalu banyak karena akan merusak penasaran bagi yang belum menonton.

Trailer Memories of Murder

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *