Christian Bale – “The Expert of Body Transformations”

Salah satu sifat profesionalitas yang dimiliki oleh seorang artis yaitu siap menerima tantangan peran yang akan dimainkan terutama jika film tersebut didasarkan pada kejadian atau kisah nyata seseorang atau sekelompok orang di suatu tempat.

Jika postingan sebelumnya mengenai aktor yang ahli dalam banyak dialek negara saat berakting, postingan ini lebih menakjubkan karena ditambah dengan perubahan sifat “fisik” atau perubahan berat tubuh yang sangat sensitif dengan kesehatan seseorang atau bisa mencederai seseorang. Hal ini telah dilakukan Christian Bale dalam memainkan berbagai peran yang identik dengan bentuk dan berat tubuh.

Bale telah berakting sejak kecil saat menjadi pemeran utama pada film karya Steven Spielberg yaitu Empire of the Sun. Namun dia mulai dikenal banyak orang di awal tahun 2000an ketika membintangi film “American Psycho” yang mana ini menjadi awal seorang Bale yang mudah diingat orang dengan aktor yang suka bertransformasi tubuh.

1.American Psycho (2000) : 180 pounds (82 kg)

Movie Poster American Psycho

Film ini mengharuskan Bale untuk meningkatkan otot tubuhnya menjadi lebih kekar ditambah dengan mimik wajah yang berbau dengan “Psikopat”. Pada film ini dia harus tampil bugar dan sehat serta selalu terlihat ceria di depan umum karena citranya pada film ini sebagai seorang businessman kaya namun memiliki sisi gelap dan jiwa pembunuh.

82 kg (180 pounds)

Dia menjadikan tubuhnya seperti pada film ini yang memiliki bobot 82 kg (180 pounds) dengan melakukan diet dan melakukan latihan Gym untuk meningkatkan otot lengan bagian atasnya seperti tampak pada sebagian dari scene film ini. Hal ini juga ditambah dengan tampilan wajahnya yang selalu tersenyum sehingga dia harus berurusan dengan dokter gigi untuk lebih meluruskan senyumnya karena adanya celah pada gigi depannya. Pada film ini, Jaret Leto juga menjadi lawan mainnya meskipun hanya sebentar karena menjadi salah satu korban pembunuhan oleh Patrick Batemana, nama peran dia pada film American Psycho.

Trailer American Psycho (2000)

2.Reign of Fire (2002) : 182 pounds (83 kg)

Pada film ini tidak terlalu signifikan perubahan yang terjadi pada tubuh Christian Bale dari film sebelumnya American Psycho karena hanya meningkat 1 kg. Dia mempertahankan tubuhnya karena pada film ini dia menjadi seorang kesatria naga di sebiah perkampungan.

83 kg (183 pounds)
Trailer Reign of Fire (2002)

3.The Machinist (2003) : 120 pounds (54 kg)

Movie Poster

Film inilah yang pertama kali menunjukkan sebuah jiwa profesional dari jiwa seorang aktor Christian Bale. Film yang disutradari oleh Brad Anderson ini memaksa Bale untuk dengan keras melakukan diet selama 4 bulan sebelum syuting hingga menjadikannya dalam film sebagai seorang pria yang tidak bisa tidur selama setahun dan mengalami penurunan berat badan sampai menyentuh angka 54 kg (120 pounds) oleh karena itu dia harus menyesuaikan dengan cerita bahwasanya pria tersebut mengalami insomnia selama setahun dan memiliki pola makan yang buruk.

Bentuk tubuh Christian Bale di film The Machinist

Diambil dari beberapa sumber dalam keseharian Bale untuk diet sebelum syuting, dia hanya memakan apel, dan hanya meminum air mineral serta segelas kopi per hari dengan tambahan wiski seadanya. Demi memainkan perannya tersebut, dia telah menurunkan berat badannya sebanyak 62 pounds hingga berat badannya mencapai 120 pounds atau 54 kg.

Trailer The Machinist (2003)

4.Batman Begins (2005) : 187 pounds (86 kg)

Movie Poster Batman Begins

Kondisi tubuh yang dimiliki Christian Bale di film Batman Begins terbilang sangat bagus dengan bobot berat 86 kg (187 pounds) sesuai dengan tubuh sosok seorang superhero. Namun, bentuk tubuh yang bagus itu dia peroleh setelah syuting film The Machinist enam bulan sebelumnya. Hal ini dia lakukan dengan cara berolahraga angkat beban ditambah dengan makanan seperti Pizza dan Es Krim.

Kondisi tubuh Christian Bale / Bruce Wayne (86 kg/187 pouns)

Bale sempat menyntuh angka 220 pounds namun sang sutradara Christoper Nolan menyuruhnya untuk mengurangi beratnya sedikit agar lebih proporsional. Film ini menjadi awal dari Thrilogy film Batman ala Nolan yang ketiganya mengalami kesuksesan di belantika perfilman dunia.
Bale sempat menyntuh angka 220 pounds namun sang sutradara Christoper Nolan menyuruhnya untuk mengurangi beratnya sedikit agar lebih proporsional. Film ini menjadi awal dari Thrilogy film Batman ala Nolan yang ketiganya mengalami kesuksesan di belantika perfilman dunia.

Trailer Batman Begins

5.Rescue Dawn (2007) : 61 kg (134 pounds)

Movie Poster Rescue Dawn

Kembali, Bale harus mengalami penurunan berat badan yang tragis hanya dalam beberapa bulan karena setelah berperan sebagai superhero yang memiliki tubuh bagus harus bertransformasi kembali ke badan yang sangat kurus karena dalam film ini dia menjadi seorang tawanan perang Vietnam yang dikurung dengan waktu yang cukup lama sehingga dia harus menjadi seorang yang sangat kurus.

Dieter Dengler (61 kg/134 pounds)

Dalam film ini, Bale mengalami dua kondisi bentuk tubuh saat sebelum ditawan oleh tentara Vietnam dengan memiliki badan yang masih bagus karena masih berada di Angakatan Laut dan setelah ditawan dengan kondisi badan yang kurus yang mana ini mengartikan Bale menurunkan berat badannya saat proses syuting berjalan.

Trailer Rescue Dawn

6.The Dark Knight (2008) : 86 kg (187 pounds)

Movie Poster The Dark Knight

Sama seperti proses pembuatan film Batman Begins sebelumnya, pada film ini Bale kembali harus bertransformasi ke bentuk badan superhero lagi dalam film sekuel dari Batman ala Christoper Nolan, The Dark Knight. Berat badan pada film ini sama dengan Batman Begins agar terlihat kesan alami dan natural dari seorang Bruce Wayne.

Christian Bale sebagai Bruce Wayne (86kg/187 pounds)
Trailer The Dark Knight

7.The Fighter (2010) : 66 kg (145)

Movie Poster The Fighter

Ketiga kalinya Christian Bale kembali menurunkan berat badannya secara drastis dari 187 pounds dengan menghilangkan 30 pounds sampai 145 pounds atau 66 kg. Pada film ini, dia harus mengikuti tokoh legenda tinju Dicky Eklund karena film ini berdasarkan kisah nyata. Namun seorang petinju kenapa kurus seperti gambar di atas karena saat itu dia telah pensiun dari pertandingan dan fokus melatih adiknya Mark Wahlberg namun dengan kesehariannya mengkonsumsi kokain sehingga tubuhnya semakin hari semakin kurus. Ditambah lagi dengan gaya tubuh dari Dicky Eukland dengan gaya orang kecanduan kokain berat.

Christian Bale dengan ebrat badan 145 pounds (66 kg).
Trailer The Fighter (2010)

8.The Flowers of War (2011) : 82 kg (181 pounds)

Movie Poster The Flowers of War

Penambahan berat badan kembali dilakuakan dalam waktu singkat oleh Christian Bale karena bermain film di The Flowers of War. Peningkatan berat badannya yaitu ke berat badan aslinya yaitu 82 kg (181 pounds) dan juga pada film ini aksi Christian Bale tidak terlalu banyak karena film ini lebih menekankan pada kisah dan ceritanya. Bale harus meningkatkan latihannya seperti angkat beban untuk bermain di film ini dan juga film setelahnya The Dark Knight Rises.
Film The Flowers of War juga merupakan kisah asli yang terjadi saat perang dunia dimana setting cerita terjadi di Cina dan Bale manjadi orang amerika di tengah kerumunan orang Cina.

Christian Bale di film The Flowers of War
Trailer The Flowers of War

9.The Dark Knight Rises (2012) : 90 kg (198 pounds)

Film terakhir dari thrilogy Batman ala Christoper Nolan memberikan durasi paling panjang di antara semua film Batman-nya. Istilah “rises” pada film ini mengartikan kebangkitan sang superhero Batman di kota Gotham setelah mengalami masa-masa sulit di kisah film sebelumnya sehingga dari kebangkitan itu Christian Bale harus meningkatkan bobot tubuhnya seolah-olah seperti orang yang memulai latihan kembali sehingga bobot badan yang dicapainya yaitu 90 kg (198 pounds) yang mejadi peningkatan terbaik dalam transformasi tubuhnya.

Christian Bale dengan kostum Batman
Trailer The Dark Knight Rises

10.American Hustle (2013) : 103 kg (228 pounds)

American Hustle

Jika pada tiga film sebelumnya seperti the machinist, rescue dawn dan the fighter Bale harus berjuang keras untuk menurunkan berat badannya sampai drastis, untuk kali ini, menjadi tugas baru karena harus menaikkan berat badannya dan tidak tanggung-tanggung, pada film American Hustle ini, dia harus menambah berat badan sekitar 43 pounds dari berat sebelumnya yang dimilikinya pada film The Dark Knight Rises sehingga berat dia yang sebelumnya sekitar 185 pounds menjadi 228 pounds.
Dari beberapa pemain yang ada di film American Hustle, hanya Bale yang medapatkan peran yang juga mengharuskannya untuk mentransformasi badannya menjadi sangat gendut.

Kenampakan tubuh Christian Bale
Trailer American Hustle

11.The Big Short (2015) : 82 kg (181 pounds)

The Big Short Movie Poster

Christian Bale kembali menurunkan berat badannya secara langsung dari film American Hustle yang memiliki bobot 103 kg ke film The Big Short namun dalam bentuk idealnya yaitu 82 kg. Bobot badan ini sama dengan film sebelumnya di tahun 2014 yaitu Exodus.

Pada film The Big Short ini, Bale juga harus merubah model gaya rambutnya untuk menyesuaikan dengan tokoh asli yang diperankannya tersebut karena film ini berdasarkan kisah nyata. Film ini menampilkan aktor-aktor besar selain Christian Bale yaitu Brad Pitt, Ryan Gosling dan Steve Carrel.

Trailer The Big Short

12.Vice (2018) : 102 kg (225 pounds)

Vice Movie Poster

Peran kedua yang mengharuskan Bale tampil dengan bobot besar yang menaikkan berat badannya sebanyak 40 pounds sampai menyentuh 225 pounds atau 102 kg. Dia berperan sebagai wakil Presiden Amerika, Dick Cheney yang notabeni memiliki badan yang besar.

Christian Bale dengan bobot 102 kg (225 pounds)

Film ini kembali mempertemukan direktur Adam McKay dan Christian Bale yang sebelumnya pada film The Big Short.

Trailer Vice

13.Ford v Ferrari (2019) : 70 kg (155 pounds)

Ford v Ferrari Movie Poster

Film Ford v Ferrari kembali memaksa Bale harus menurunkan berat badan nya secara drastis namun tidak sedrastis pada film The Machinist, Rescue Dawn, The Fighter. Berat badannya pada film ini yaitu 70 kg (155 pounds). Duet nya kali ini bersama dengan Matt Damond.

Trailer Ford v Ferrari

Berikut grafik yang menunjukkan perubahan atau transformasi berat badan Christian Bale pada beberapa filmnya :

Grafik Transformasi Tubuh Christian Bale di beberapa film

Leave a Reply