The Best 10 Fiction Dramas in the 20th Century (2)

Lanjut dari post sebelumnya mengenai 10 film drama fiksi terbaik di abad 20 baik dari tahun 50an sampai dengan akhir 90an, pada post kali ini akan dilanjutkan mengenai 10 film drama lainnya yang masuk ke dalam kategori film drama terbaik dengan rating yang tinggi dari berbagai situs mengenai film. Berikut 10 film drama fiksi terbaik bagian 2:

10. What’s Eating Gilbert Grape (1993)

What's Eating Gilbert Grape Poster

Jika kalian sering menonton film yang diperankan oleh Johnny Deep seperti pada film paling terkenalnya yaitu Pirates of The Carribean, maka dengan menyaksikan film What’s Eating Gilbert Grape ini maka akan sulit menemukan kesamaan wajah dan karakter pada kedua film tersebut. Peran Johnny Deep sebagai Gilbert yaitu berkarakter Cool dan memiliki wajah yang masih belia tidak seperti film Pirates of Carribean yang berwajah kusam dan berpenampilan jorok.

Trailer What’s Eating Gilbert Grape

Film ini mengisahkan tentang kehidupan sebuah keluarga yang sangat sederhana dan dengan ciri khas masing-masing terutama Ibu mereka yang memiliki badan besar sehingga hanya bisa duduk dan tidur seharian di rumah saja. Grabe yang menjadi tulang punggung harus bekerja ekstra untuk menghidupi keluarga yang salah satunya yaitu Arnie yang memiliki kekurangan mental yang diperankan oleh Leonardo Di Caprio.

Image result for leonardo dicaprio what's eating gilbert grape
Leonardo Di Caprio dalam perannya sebagai anak dengan kekurangan di film What’s Eating..

Peran ini yang mengantarkan Leonardo masuk ke dalam nominasi Aktor sebagai aktor pendukung terbaik. Dia sangat mendalami perannya sebagai orang dengan kekurangan mental dan kita yang menonton pasti juga akan ikut menghayati perannya. Dua sifat yang sangat mencolok antara Leonardo, Johnny, dan keluarga mereka menjadikan film ini sangat menyentuh ditambah dengan permasalahan yang terjadi dalam keluarga mereka. Film ini sangat tepat ditonton dalam keadaan santai pada malam hari.

Salah satu scene yang menunjukkan acting Leonardo di film ini

9. Taxi Driver (1976)

Taxi Driver Poster

Alur cerita yang sangat santai dan terasa lebih “natural” baik jalan ceritanya maupun peran nya yang dibawakan oleh seorang Robert De Niro membuat film Taxi Driver masuk nominasi film terbaik. Kerjasama yang luar biasa antara salah satu sutradara terbaik Martin Scorsese, aktor dan aktris hebat Robert De Niro dan Jodie Foster menjadikan film ini salah satu drama terbaik di tahun 70-an. Saat kita menyaksikan Robert De Niro berakting, kita tidak melihat bahwa ia sedang berakting dikarenakan peran yang sangat alami dari Robert De Niro. Film ini mengisahkan tentang suasana kehidupan di Amerika antara konflik di masyarakat, kemudian masa pemerintahan karena di dalam film tersebut terdapat momen pemilihan presiden. Jodie Foster pada film ini sebagai aktris pendukung dan hanya memainkan sedikit peran namun menjadi salah satu tokoh yang krusial di akhir film.

Trailer Taxi Driver

8.A Few Good Men (1992)

Siapa yang tidak kenal Tom Cruise, Demi Moore, Jack Nicholson ? Film ini dibintangi banyak artis ternama hollywood. Tom Cruise memainkan peran yang sangat luar biasa dengan perannya yang sangat vital sebagai seorang pengacara dari Angkatan untuk membela tentara yang terkena masalah militer, namun tetap dibawa santai oleh seorang Tom Cruise. Film yang berdurasi 2 jam 18 menit ini meraih rating IMDB 7,7.

Trailer A Few Good Men

Peran Jack Nicholson dengan wajah khasnya kali ini menjadi peran pembantu namun tetap memerankan akting yang sangat profesional. Nonton filmnya untuk tahu kisah selanjutnya.

Salah satu scene antara Jack Nicholson dan Tom Cruise

7.Reservoir Dogs (1992)

Reservoir Dogs Poster

Reservoir Dog merupakan film pertama dari Quentin Tarantino yang masih bersifat independen tanpa bekerja sama dengan lembaga perfilman di amerika pada saat itu. Yang bermain di film ini merupakan aktor-aktor besar yang sampai saat ini masih aktif berakting. Reservoir Dog merupakan film mengenai gangster yang sifat alur film ini campur atau maju mundur. Yang membuat rating film ini tinggi yaitu cerita film ini sebenarnya datar-datar saja namun Quentin Tarantino berhasil membuat cerita yang kita saksikan menjadi lebih menarik. Film ini memiliki ciri khas dari semua film Quentin yang menyajikan percakapan panjang ditambah dengan dark comedy nya. Jangan cepat mengganti film ini karena di awal cerita masih membingungkan karena film Quentin memang seperti ini semua namun di hampir pertengahan kita dibuat tercengang sendiri dengan kisah yang diungkapkan.

Trailer Reservoir Dogs

6. For a Few Dollars More (1965)

Per qualche dollaro in più Poster

Tahun 60-an merupakan masa keemasan dari film drama Western seperti film cowboy yang satu ini. Meskipun film ini ada di zaman 60-an dengan teknologi film yang masih sangat terbatas namun cerita dan drama dari film ini membuat kita memalingkan pandangan dari kecanggihan teknologinya. Mungkin penikmat film seperti film superhero kebanyakan di tahun-tahun sekarang sulit untuk menyaksikan film ini yang berdurasi sangat panjang antara 2 setengah jam sampai 3 jam lebih. Drama, aksi, dan komedi tersaji dalam film ini dan diakhiri dengan sebuah ending yang digadang-gadang sebagai ending film terbaik bersama dengan film The Good, The Bad and The Ugly yang dibintangi oleh aktor yang sama yaitu Clint Eastwood dan Lee van cliff beserta dengan sutradara yang sama yaitu Sergio Leone. Film ini tidak layak untuk diceritakan lebih banyak karena inti dari film itu sejalan dengan cerita yang disajikan selama permainan film.

Clint Eastwood saat masih muda
Trailer For A Few Dollars More

5.Leon:The Professional (1994)

Léon Poster

Film ini berlatarbelakang di Perancis yang berjenis thriller dan berbahasa inggris. Film ini merupakan sebuah film aksi yang sangat cocok untuk pencinta film action yang menyajikan aksi tembak menembak dan pembunuhan. Drama dalam film ini terjadi antara seorang pembunuh profesional yang merupakan pemeran utama yang diperankan oleh Jean Reno dengan seorang gadis yang diperankan oleh Natalie Portman yang menjadi debutnya dalam dunia perfilman serta niat balas dendam mereka terhadap pembunuhan yang dilakukan oleh kepala kepolisian yang juga sebagai mafia yang diperankan oleh Gary Oldman terhadap keluarga Natalie Portman sehingga dapat dikatakan bahwa film ini dibintangi oleh artis-artis besar.

Trailer Leon

Film ini menyajikan sebuah aksi profesional dalam membunuh target mereka. Film ini tidak sampai dua jam namun film ini dipenuhi dengan aksi dan drama yang menakjubkan serta ditambah dengan peran seorang Gary Oldman yang kali ini menggunakan karakter tengiknya sebagai penjahat yang berkedok sebagai kepala kepolisian. Niat Natalie Portman untuk bisa membalaskan kematian keluarganya kepada Gary Oldman membuatnya tertarik untuk belajar membunuh dengan Jean Reno. Film ini harus ditonton penuh sampai akhir karena akan menyajikan ending yang luar biasa.

4.Unforgiven (1992)

Unforgiven Poster

Sutradara dari film ini yaitu seorang Clint Eastwood sehingga sangat wajar film ini berhasil meraih penghargaan film terbaik dalam oscar. Aktor-aktor besar bermain dalam film ini yaitu Clint Eastwood sendiri, Morgan Freeman dan Richard Haris sebagai tokoh baik dan Gene Hackman sebagai tokoh jahat. Selain film terbaik, film ini juga menghasilkan penghargaan berupa sutradara terbaik, editing terbaik serta aktor pendukung terbaik yang didapatkan oleh Gene Hackman. Tiga tokoh baik tersebut melakukan perjalanan panjang guna mengejar dua orang buronan yang telah melakukan kejahatan kepada seorang wanita agar mendapatkan imbalan yang telah dijanjikan oleh wanita tersebut. Namun upaya mereka dihalangi oleh Gene Hackman yang menjadi penjahat paling disegani di daerah tersebut. Dari ketiga pengejar imbalan tersebut, memiliki kemampuan menembak yang telah hilang karena faktor usia dan telah lama tidak melakukan pembunuhan namun memiliki rekam jejak yang mengerikan dalam melakukan pembunuhan. Kisah drama terus membayangi Clint Eastwood selama melakukan perjalanan tersebut sehingga dapat menghalangi tujuan mereka tersebut. Soundtrack  utama dari film ini menambah kenikmatan film untuk ditonton dari awal hingga akhir.

Trailer Unforgiven

3.Life is Beautiful (1997)

“La vita è bella”

Kalimat di atas ini merupakan judul asli film ini karena film ini merupakan film asli Italia yang disutradari dan dibintangi oleh seorang Roberto Benigni. Dia sendiri merupakan aktor berdarah Italia yang melalui film ini dia berhasil memenangi oscar sebagai Aktor terbaik atas perannya sebagai seorang ayah berkebangsaan yahudi yang tinggal di Italia dalam melindungi anaknya dari ancaman penindasan anggota Nazi serta dia juga berhasil memperoleh penghargaan oscar yang lain dlam kategori film bahasa asing terbaik. Ini bukan prestasi biasa ketika dia berhasil bersaing sebagai aktor terbaik dengan aktor-aktor hollywood lainnya. Jujur saya sangat menghayati film ini namun bukan dari unsur Yahudinya melainkan kisah drama yang dibawakan oleh Roberto terhadap keluarganya untuk berjuang agar tetap bisa bertahan hidup di tengah penjajahan Nazi terhadap keluarganya serta bangsa yang sedarah dengannya.

Trailer Life is Beautiful

Film ini sangat cocok untuk keluarga karena tidak terlalu berat serta dibumbui oleh aksi kocak Roberto terhadap keluarga terutama anaknya dan juga terhadap tentara Nazi sehingga tanpa sengaja kisah film ini menunjukkan kepada kita bahwa hidup itu indah (Life is Beautiful) seperti yang ditunjukkan Roberto dalam menjalani kehidupannya dalam kebahagiaan meskipun dalam tekanan. Soundtrack film ini juga sangat menyentuh saat didengar selama pemutaran film. Rating film ini sangat tinggi untuk film berbahasa asing yaitu 8,6.

2.The Deer Hunter (1978)

The Deer Hunter Poster

Robert De Niro, John Cazale, Christoper Walken, Maryl Streep merupakan aktor dan aktris hebat sampai sekarang yang pernah bermain dalam salah satu film drama terbaik di akhir tahun 70an.

Robert De Niro
Christopher Walken
Maryl Streep
John Cazale
John Savage

Akting alami yang dibawakan oleh mereka dalam film The Deer Hunter ini membuat film ini menjadi sangat luar biasa dan berhasil menghantarkan film ini meraih penghargaan film terbaik oscar. Hal inilah yang menandakan bahwa mereka merupakan artis profesional dengan bakat akting yang luar biasa.

The Deer Hunter bukanlah film tentang pemburu rusa melainkan film drama dari suatu kelompok anak muda yang sangat kompak dalam persahabatannya namun dipisahkan karena suatu tugas yang dipilih oleh Robert, Christopher dan John Savage untuk ikut serta dalam peperangan melawan vietnam. Tekanan berat yang dialami mereka selama di medan pertempuran yang juga memisahkan mereka terus membayangi kehidupan mereka yang juga telah selesai dalam mengemban misi tersebut. Keadaan dan jiwa yang telah mengalami kehancuran menguji persahabatan mereka yang telah menjalani kehidupan masing-masing. Pencarian pun mulai dilakukan oleh Robert De Niro agar bisa kembali berkumpul dengan mereka dan juga teman-teman mereka yang tidak ikut pertempuran. Maryl Streep yang awalnya merupakan kekasih dari Christoper Walken mulai berpindah hati ke Robert De Niro karena kabar dari Christoper yang tak kunjung datang. Drama puncak terjadi antara Robert dan Christoper Walken ketika mereka dipertemukan dalam dua kondisi yang berbeda-beda yang masih tetap dibayang-bayangi oleh momen mengerikan saat perang dulu. Pada film ini Christoper Walken berperan sebagai aktor pendukung dan mampu memenangi penghargaan aktor pendukung terbaik oscar. Film drama ini sangat datar namun entah kenapa sang sutradara berhasil menjadikan film ini berkualitas tinggi dan mendapatkan banyak respon positif dari penonton yang salah satunya mendapat rating 8,1 di IMDb. Tak lupa juga lagu soundtrack utama film ini, Cavantina, sangat sesuai dengan kisah drama yang santai ini

Trailer The Deer Hunter

1.The Good, The Bad, and The Ugly (1966)

Il buono, il brutto, il cattivo Poster

Pada film ini, kali ini Clint Eastwood hanya menjadi pemain dan juga pemeran utama yang mungkin dari film inilah menjadi titik balik kesuksesannya di dunia perfilman baik sebagai pemain ataupun orang di balik layar. Judul film tersebut mewakili sifat dari tiga orang yang bersaing untuk mendapatkan uang yang sangat banyak yang disampaikan oleh seorang pria sekarat namun pesan itu tak seutuhnya karena sebelum memberikan lokasi uang tersebut, pria tersebut keburu mati. Hanya ada satu orang yang mendengar pesan itu yaitu Clint Eastwood yang berperan sebagai The Good, sedangkan Eli Wallach sebagai The Ugly karena kondisi nya yang cukup buruk yang saat itu sedang menyandera Clint Eastwood harus dengan berat hati bekerja sama agar ditunjukkan lokasi uang tersebut dan dibagi rata. Namun bukan film koboy namanya jika tidak ada tokoh jahat yang ikut andil meramaikan film tersebut. Tokoh The Bad diperankan oleh aktor senior Lee van Cleef muncul secara tiba-tiba dan mendengarkan kabar tersebut sehingga persaingan pun dimulai antara ketiganya. Apakah uang tersebut berhasil dibagi atau hanya ada satu orang yang berhasil mendapatkannya? Ayo tonton film ini namun harus sabar karena durasi film ini yang sangat panjang yaitu 3 jam dengan warna latar yang sangat lama sehingga diharapkan untuk yang belum terbiasa menonton film tahun 60an agar bisa menahan mata karena akan disuguhkan sebuah film dengan cerita yang sangat hebat pada masanya dan bahkan sampai sekarang belum ada film koboy ataupun film lainnya yang dapat menyainginya. Nuansa humor juga selalu ada sehingga tidak terlalu menegangkan dalam menontonnya.

Trailer The Deer Hunter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *