The Best 10 Fiction Drama in 20th Century

Film drama tidak harus tentang percintaan antar remaja, namun cerita drama itu merupakan kisah perjalanan kehidupan apakah itu dalam waktu yang lama ataupun sebentar dan apakah itu dalam satu tempat atau berpindah-pindah. Teknologi perfilman memang sudah lebih canggih namun untuk cerita, drama abad 20 jauh lebih bagus. Dapat dilihat dari rating film-film zaman dulu jauh lebih tinggi dari abad 21 dan bahkan rating tertinggi di IMDb dipegang oleh film tahun 90an. Untuk yang mengaku pencinta film terutama film drama, wajib menonton kesepuluh film drama di bawah ini agar mengetahui bagaimana sutradara zaman dulu membuat cerita dan aktor senior berakting. Silahkan dibaca 10 film drama terbaik abad 20 :

10. To Kill a Mockingbird (1962)

Film ini sangat cocok untuk ditonton bersama keluarga, sebab film ini menyajikan cerita yang terjadi di dalam sebuah keluarga tanpa ada ditambah hal-hal yang berlebihan maka dari itu film ini sangat alami. Kisah seorang ayah yang memiliki dua orang anak tanpa ada lagi seorang ibu karena sudah meninggal saat anak mereka masih kecil. Mulai dari suasana tempat tinggal mereka yang masih sangat alami yang merupakan ciri khas perumahan jaman dulu lalu tentang cerita di rumah, luar rumah sampai pekerjaan sang ayah. Cerita yang tidak berat sangat tepat untuk ditonton dalam keadaan santai bersama keluarga. Wajar film ini memiliki rating 8,3. Film yang berdurasi 2 jam 19 menit ini, masih menggunakan latar belakang hitam putih namun tidak mempengaruhi kualitas ceritanya.

9. The Green Mile (1999)

Era 90-an memang menjadi sarang film dari aktor ternama Tom Hanks. Di akhir abad 20, Tom Hanks membintangi film drama menakjubkan yaitu The Green Mile. Durasi film ini lumayan panjang yaitu 3 jam 9 menit dan meraih rating imdb 8,5. Bersama dengan artis lainnya, film ini berhasil membawa penonton benar-benar mengikuti cerita yang disajikan sang sutradara. Namun, untuk yang kurang menyukai film drama, jika ingin menonton film ini, luangkan waktu selama 3 jam lebih untuk menonton film ini sendiri tanpa gangguan agar tidak melewatkan sedikitpun ceritanya.  Wajib ditonton.

8. Forest Gump (1994)

Drama yang memiliki intrik komedi, sedih, ataupun adegan serius, semua tertuang di film Forest Gump ini. Dikarenakan campuran komedi dan sedih, menonton film ini tidak akan merasa bosan meskipun berdurasi 2 jam lebih. Peran Tom Hanks dalam film ini sangat luar biasa. Sesuai dengan apa yang didapatkannya yaitu penghargaan Aktor Terbaik Oscar dan juga rating film ini yang lumayan tinggi yaitu 8,8. Segera tonton filmnya bagi yang belum menonton.

7. Scent of a Woman (1992)

Setelah menunggu sekian lama, akhirnya melalui film inilah Al Pacino meraih penghargaan sebagai Aktor Terbaik Oscar. Peran yang benar-benar luar biasa dari seorang Al Pacino menjadikan film ini wajib ditonton. Gabungan antara alur cerita yang menakjubkan ditambah peran dari Al Pacino sebagai orang buta  membawa penonton asik untuk mengikuti jalan cerita filmnya dan film ini mendapatkan rating 8,2. Kalau saya katakan, dari sekian banyak film, peran Al Pacino disini yang paling luar biasa. Ayok segera ditonton filmnya, tidak terlalu lama, 2 jam 36 menit.

6. The Silence of The Lambs (1991)

Drama, chrime dan thriller, inilah genre film Silence of The Lambs. Dari awal sampai akhir film, selalu berada dalam suasana menyeramkan, namun film ini bukan film horror. Kedua artis utama meraih penghargaan sebagai aktor dan aktris terbaik, yaitu Jodie Foster dan Anthony Hopkins. Jika kita menonton ini, kita lihat peran Hopkins sebagai Dr. Hannibal, seperti tidak ada peran aktingnya karena kita melihat Hopkins memainkan perannya benar-benar natural dan membuat sang aktris Jodie Foster benar-benar merasa takut saat berpapasan dengan Hopkins di film ini. Rating yang lumayan tinggi yaitu 8,6 dan durasi film yang tidak terlalu panjang cocok untuk segera ditonton. Dikarenakan puncak ceritanya di akhir, tidak baik jika saya ceritakan secara detail. Tonton segera..

5. Se7en (1995)

Duet aktor senior Morgan Freeman dan Brad Pitt membuat film Seven menjadi film drama thriller yang sangat bagus. Seven disini dimaksudkan yaitu 7 dosa yang umum dilakukan manusia. Peran kedua aktor ini yaitu mencari pembunuh yang setiap membunuh korban selalu meninggalkan masing-masing petunjuk dari ketujuh dosa tersebut. Film ini harus ditonton dari awal dan terus mengikuti, jangan dipercepat karena puncak cerita ada di ujung film dan sangat berhubungan dengan awal film. Jadi kalau mau mengerti film ini, harus benar-benar diikuti. Ketika penonton selesai menonton film ini sampai akhir, sangat wajar untuk mengapresiasi pembuatan film yang berdurasi 2 jam 7 menit ini dan cocok mendapatkan rating 8,6.

4. 12 Angry Men (1957)

Memperoleh rating 8,9 di IMDB hanya dengan 1 jam 36 menit menjadikan film ini sangat benar-benar untuk ditonton. Film dengan cerita seperti ini saat di zaman tahun 50-an membuatnya meraih rating tinggi di IMDB. Mungkin untuk orang yang baru melihat awal dari film ini ada yang langsung menhakimi kalau film ini tidak asik untuk ditonton karena latar belakang yang masih hitam putih. Itu terganutng kita menontonnya dengan kualitas yang bagaimana, kalau dengan kualitas minimal 720p film ini sudah pas untuk ditonton. Film ini benar-benar unik karena hanya menggunakan 1 lokasi syuting yaitu ruang juri di persidangan. Terdapat 12 orang yang merupakan juri, harus memutuskan seorang terdakwa bersalah atau tidak. Hanya itu saja ceritanya, 12 juri duduk rapat untuk memutuskan bersalah atau tidaknya seseorang. Namun, dari cerita ini disulap menjadi film yang luar biasa. Dari banyaknya kata luar biasa yang saya keluarkan untuk film ini, menandakan film ini memang ahrus ditonton segera. Hanya 1 jam 36 menit kok.

3. The Godfather (Part 1 & Part 2) (1972 & 1974)

Memang untuk film The Godfather memiliki 3 part, namun saya meletakkan hanya part 1 dan 2, sebab untuk yang part 3 memang banyak mendapatkan kritik karena cerita yang sudah terlalu modern. Aktor besar di masanya yaitu Marlon Brando dan Al Pacino benar-benar pantas menyandang peran Godfather dalam film ini. Marlon Brando sendiri hanya bermain di satu seri, sedangkan Al Pacino memainkan ketiga seri The Godfather ditambah dengan Robert Duval yang bermain di 2 part sedangkan Robert DeNiro bermain di part yang kedua. Ke empat aktor tersebut merupakan aktor-aktor besar peraih oscar. Untuk yang tidak suka dengan film crime jaman 70an memang agak berat untuk menontonnya, namun sebenarnya jika kita ikuti, kita dibawa ke masa dinasti mafia pada zamannya. Peran dingin dari seorang Marlon Brando sebagai Godfather yang pertama memang sangat menyeramkan. Dia sangat santai memainkan perannya, yang kemudian diikuti oleh anaknya Michael yang diperankan Al Pacino. Cerita ini tidak berat dan tidak menimbulkan pertanyaan, jadi sangat wajar untuk menonton ini. Ya namun kita harus menyiapkan fisik makanan dan waktu untuk menonton ini karena durasi yang cukup lama yaitu 2 jam 55 menit untuk yang pertama dan 3 jam 22 menit untuk yang kedua. Kedua film ini meraih rating 9,2 dan 9,0. Berbeda dengan part yang ketiga hanya meraih rating 7,6. Tonton segera The Godfather!

2. The Shawshank Redemption (1994)

Ini dia peraih rating tertinggi di IMDB dengan 9,3 yaitu The Shawshank Redemption. Sebenarnya sulit untuk menceritakan film ini karena ini memang benar-benar film drama yang sangat asik. Bercerita di dalam penjara Shawshank, Morgan Freeman berduet dengan Tim Robbins sebagai tahanan. Tidak cocok untuk diceritakan karena sebagian alur film ini beralur maju mundur. Jadi jika diberitahu sedikit tentang film ini maka akan ketahuan ceritanya. Saya langsung ternganga di bagian tengah dan akhir film karena adegan yang mengejutkan. Dah, tonton segera film ini, hanya 2 jam 22 menit.

1. One Flew over The Cuckoo’s Nest (1975)

JACK NICHOLSON. Entah kenapa, setiap film yang dibintangi oleh Jack Nicholson merasa harus untuk ditonton, baik dia jadi peran utama maupun peran pembantu. Dia telah mendapatkan pengahrgaan untuk keduanya, sebagai peran pembantu di Terms of Endearment dan juga dua kali menajdi aktor terbaik di film As good as it gets dan film ini, ONE FLEW OVER THE CUCKOO’S NEST. Dari kesepuluh film yang saya tulis, film ini lah yang paling terakhir saya tonton dan dalam seminggu saya ulang-ulang untuk beberapa adegan. Ini drama komedi yang berlatarkan Rumah Sakit Jiwa  diperankan oleh aktor-aktor muda pada zamnnya yang sekarang menjadi aktor-aktor senior. Peran Jack Nicholson sebagai “orang gila” yang agak waras ditambah dengan pasien-pasien lainnya yang memainkan peran sebagai orang gila benar-benar luar biasa. Film ini memiliki alur maju dan santai. Tentunya dibumbui dengan komedi-komedi dari “orang-orang gila” ditambah terdapat adegan yang mendebarkan. Film ini meraih 5 penghargaan yaitu Best Motion Picture atau film terbaik, lalu Best Actor (Jack Nicholson), Best Actress (Louis Fletcher) dan dua penghargaan lainnya. Apa yang dilakukan Jack Nicholson di dalam rumah sakit jiwa itu dan bagaimana persahabatan yang terjadi di antara orang-orang gila? Ayo, segera cari filmnya dan ditonton.

Refernsi : IMDb

 

3 Comments Add yours

  1. Many thanks regarding sharing this with all of people you truly realize what you are preaching about! Book-marked. Nicely in addition check with my website Means).. video youtube indonesia Organic beef use a url alter settlement in our midst

  2. What’s up, after reading this awesome piece https://yong79.com/

  3. WONDERFUL Post.thanks for share..more wait .. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *