DRONE BUKAN CUMAN “COPTER”

Di suatu event beberapa hari yang lalu, tepatnya saat acara pameran PENAS di Banda Aceh, saya sedang menjaga stand yang berisikan drone jenis fixed wing (pesawat) dan multirotor (copter). Ada seseorang yang bertanya, “apa perbedaan antara yang jenis drone (menunjuk yang copter) dengan pesawat ini?”

Sekedar informasi, sekarang nama “Drone” sudah sangat sering terdengar dimana-mana, dan penggunaanya juga sudah tersebar di segala keperluan. Namun banyak masyarakat yang belum mengenal lebih dekat mengenai Drone. Apa itu sebenarnya Drone? Apa saja jenis drone? Dari pandangan sekilas, orang hanya menganggap bahwa Drone itu adalah yang berjenis copter (seperti di bawah ini)

Drone jenis Multirotor Type Quadcopter

Namun sebenarnya Drone bukan hanya copter seperti pada gambar. Kita kembali ke pengertian, apa itu Drone/Wahana Tanpa Awak. Drone adalah Wahana Tanpa Awak/Pesawat Nirawak (UAV), adalah Mesin terbang aerodinamis yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri secara penuh ataupun sebagian. (SAMPAN)

Memang secara umum, Drone yang sering digunakan adalah yang berjenis Multirotor karena penggunaannya yang sangat mudah dan sederhana, dapat digunakan dimana saja dan tidak memerlukan perangkat tambahan lainnya, maka dari itu masyarakat banyak yang menggunakan jenis Multirotor ini, seperti quadcopter (yang memiliki 4 propeller). Ditambah lagi dengan berbagai merk dari multirotor seperti dji Panthom, Iris 3DR+, Mavic, dji Inspire dan lain lain. Berbeda dengan Drone yang berjenis Airplane/Pesawat yang penggunaannya lebih digunakan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan pemetaan / Aerial Mapping seperti bidang kehutanan, pertanian dan lain-lain. Jenis pesawat memiliki daya tempuh yang sangat jauh dibandingkan dengan multirotor. Yangmaman multirotor dapat terbang dengan durasi waktu 30 menit paling lama, namun jenis pesawat dapat terbang dengan durasi waktu dari 45 menit sampai 2 jam seperti pada type MTD. Maka dari itu, dengan kelebihan yang dimiliki oleh si Drone jenis pesawat, drone ini digunakan untuk pemetaan dengan daerah luasan ratusan sampai ribuan hectar.

Drone jenis Airplane Type Fixed Wing

Drone Jenis Airplane Type MTD

Jadi, drone / wahana tanpa awak / Unmanned Aircraft Vehicle memiliki dua jenis yaitu Multirotor dan Airplane/Pesawat. Kemudian Multirotor memiliki berbagai type seperti quadcopter, tricopter dan lain-lain, sedangkan Airplane memiliki Type berupa Glider dan Fixed wing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *