Kenapa Sebuah Poto bisa “Pecah”

Sering kita lihat dan kita dengar sebuah kualitas poto baik diambil dari kamera digital, kamera DSLR, maupun kamera handphone memiliki kualitas gambar yang berbeda-beda. Ada poto yang kita ambil dari handphone yang otomatis memiliki kualitas gambar yang agak rendah, misalnya 720 x 576 pixel dan ukuran gambarnya pun harus menyesuaikan dengan ukuran pixelnya tersebut. Dari kualitas tersebut kita ingin membesarkan ukuran dari poto tersebut, misalnya poto tersebut memiliki ukuran 4×8 cm, kita ingin lebih besar menjadi 8×16 cm. Ukuran poto akan mengalami perubahan namun poto tersebut tetap akan memiliki ukuran pixel awalnya yaitu 720×576 yang mana seharusnya ukuran poto tersebut biasanya memiliki ukuran pixel 1440×1080 p.

Tentunya kita akan melihat perubahan kualitas pada poto tersebut. Pada poto tersebut akan sedikit kabur dari poto sebelum diubah. Kenapa begitu?

Jadi maksud pixel disini yaitu, seandainya gambar 1920 pixel dikompress/dikecilkan jadi 720 p, gambar yg 1920 p berarti gambar tersebut memiliki 1920 pixel, jadi kalo dikecilkan, pixel gambar tersebut tetap jumlah yg sama namun ukuran dikecilkan, jadi tidak ada noise di gambar tersebut dan gambarnya bagus.

Sebaliknya jika 720 di ubah ke 1920, pixel yg 720 tadi dipaksa besar menjadi 1920, jadi banyak kali yang berlubang atau terdapat banyak ruang yang kosong atau terdapatnya noise yang membuat gambar itu menjadi kabur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *