Asal Usul Grand Canyon

Banyak ahli yang membuat teori pembentukan Grand Canyon. Salah satu teori kemunculan Grand Canyon yang banyak diyakini adalah bahwa ketika Lempeng Pasifik dan Lempengan Benua Amerika Utara bertumbukan maka terciptalah rangkaian pegunungan purba yang sangat besar dan tinggi.

Saat terjadi perubahan iklim ekstrim sekitar 1,7 Milyar tahun lalu, air laut naik ke permukaan bumi, semuanya tenggelam termasuk pegunungan purba itu. Kehidupan di atas gunung yang tenggelam pun berubah. Bagian atas pegunungan terendapakan sedimen berupa pasir laut dan secara otomatis hewan-hewan laut pun hidup di atas pasir yang menutupi pegunungan itu. oleh karena itu terdapat lapisan batugamping juga, sebagai tanda bahwa tempat ini pernah menjadi daerah laut.

 

Namun saat air laut surut, pegunungan pun muncul kembali di permukaan. Endapan pasir dan hewan lautnya tetap berada di atasnya. Lama-lama hewan-hewan laut seperti brachiopoda, koral, moluska, lili laut, atau cacing laut menjadi fosil di lapisan teratas Grand Canyon.

Grand Canyon terletak di Utara Arizona dan berada di Taman Nasional Grand Canyon, salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat. Di sana terdapat kelompok jurang tebing-terjal panjangnya kira-kira 446 km, dengan lebar mulai dari 6 km sampai 29 km dan dengan kedalaman lebih dari 1.600 m.

 

Dan inilah susunan perlapisan batuan yang terjadi pada Grand Canyon :

 

0 Comments Add yours

  1. tagar says:

    ternyata asal uslnya seperti itu ya
    letak geografis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *