14 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa di Era Modern

Momen peperangan senantiasa menghiasi sejarah kehidupan umat manusia. Umumnya berawal dari kerakusan serta ketamakan seseorang tokoh berkuasa yang mau mengambil hak-hak orang lain. Sesudah beragam fase perang yang difilmkan, di bawah ini yaitu daftar film perang terbaik sepanjang masa produksi Hollywood yang ber-setting pasca Perang Dunia 2, dan nyatanya perang-perang itupun selalu berlanjut.

Beragam judul film perang berikut ini mengambil topik perang yang berlangsung sesudah perang dunia ke-2. Untuk Anda yang suka pada film bertopik peperangan, pasti tak bisa melupakan beragam judul film berikut ini.

1. Apocalypse Now

Film produksi 1979 ini bersetting di Perang Vietnam. Kerap disebut sebagai satu diantara film perang terbaik, Apocalypse Now di bintangi oleh Marlon Brando, Martin Sheen serta Robert Duvall. Produksi film ini banyak dihampiri oleh beragam jenis permasalahan.

Sebagian permasalahan tersebut di antaranya yaitu Marlon Brando yang kelebihan berat tubuh serta belum memahami sifatnya, Martin Sheen yang terserang serangan jantung, setting film yang terserang badai dan pasca-produksi yang panjang hingga menunda launching film ini.

Namun semuanya terbayar dengan keberhasilan film yang masuk nominasi Academy Awards serta Golden Globe Awards untuk kelompok Best Picture, walau hanya sukses membawa pulang Oscar untuk kelompok Best Cinematography serta Best Sound. Pada th. 2000, Apocalypse Now tercatat di National Film Registry oleh Library of Congress, yang menunjukkan nilai plus serta kwalitas dari film ini.

2. Full Metal Jacket

Masih bersetting di Perang Vietnam, film karya sutradara legendaris Stanley Kubrick yang launching pada th. 1987 ini menceritakan mengenai peleton marinir Amerika yang berlatih serta bertempur sepanjang Perang Vietnam berjalan.

Di bintangi oleh Matthew Modine serta Adam Baldwin, film ini memetik banyak pujian dari beragam pihak, terlebih pemirsa serta kritikus film. Sayang, di arena Academy Awards, Full Metal Jacket cuma dinominasikan di kelompok Best Adapted Screenplay dari novel The Short-Timers karya Gustav Hasford terbitan 1979.

3. Platoon

Berikut film Perang Vietnam yang ditulis serta disutradarai oleh salah seorang veteran perang itu, Oliver Stone. Launching pada th. 1986, Platoon adalah film pertama dari trilogi Vietnam War yang lalu disusul oleh Born on the Fourth of Juli (1989) serta Heaven and Earth (1993).

Di bintangi oleh Tom Berenger, Willem Dafoe serta Charlie Sheen, film ini lebih mengangkat segi psikologis beberapa tentara selama masa perang. Kadang-kadang mereka cuma minum-minum, pesta serta beberapa hal lain untuk menghibur diri di sela-sela perang yang berkecamuk. Di arena Academy Awards, Platoon memetik banyak kemenangan dari kelompok Best Picture, Best Director, Best Sound serta Best Film Editing.

4. Black Hawk Down

Black Hawk Down yaitu film karya sutradara populer Ridley Scott yang launching pada th. 2001 yang dapat juga dianggap sebagai pionir film-film perang masa 2000an. Bercerita mengenai operasi penangkapan Mohamed Farrah Aidid di Mogadishu, Somalia oleh pasukan Amerika.

Di bintangi oleh jejeran aktor populer seperti Josh Hartnett, Eric Bana, Ewan McGregor, Tom Sizemore, William Fichtner, Jason Isaacs serta Sam Sephard, film ini banyak memetik pujian dari beberapa kritikus film juga kritikan dari pasukan militer negara lain yang berasumsi Amerika semestinya berkuasa atas negara lain yang berdaulat.

Seperti film-film perang terlebih dulu yang masuk nominasi Academy Awards, film ini mendapatkan Oscar di kelompok Best Film Editing serta Best Sound.

5. Lone Survivor

Kali ini Perang Afghanistan sebagai setting film perang produksi Hollywood. Lone Survivor bercerita perjuangan Marcus Luttrell ketika Operation Red Wings untuk menangkap pemimpin Taliban, Ahmad Shah. Operasi itu tidak berhasil serta semuanya personil pasukannya tidak berhasil menyelamatkan hidup serta tersisa Luttrell seseorang diri yang berupaya untuk keluar dari sarang Taliban.

Di bintangi oleh Mark Wahlberg, Taylor Kitsch, Emile Hirsch, Ben Foster serta Eric Bana, cerita ini diangkat dari buku yang ditulis sendiri oleh Marcus Luttrell. Lone Survivor dinominasikan di kelompok Best Achievement in Sound Mixing serta Best Achievement in Sound Editing di Academy Awards.

6. The Hurt Locker

The Hurt Locker yaitu satu diantara film perang paling baik sepanjang masa yang disutradarai oleh sineas wanita Kathryn Bigelow yang launching pada th. 2008 lalu. Menceritakan mengenai tiga orang tentara dalam kesatuan penjinak bom pada invasi Amerika ke Irak. Walau sedikit mengumbar adegan peperangan, namun kemelut serta visualisasi ledakan bom yang dipertunjukkan begitu dapat mebuat pemirsa menahan napas berulang-kali.

Jadi tak heran bila film ini memetik banyak Oscar di arena Academy Awards untuk kelompok Best Motion Picture of the Year, Best Achievement in Directing, Best Writing Original Screenplay, Best Achievement in Film Editing, Best Achievement in Sound Mixing serta Best Achievement in Sound Editing.

7. American Sniper

American Sniper yaitu film produksi 2014 karya sutradara Clint Eastwood yang di bintangi oleh Bradley Cooper sebagai sniper (penembak tepat) Navy SEAL, Chris Kyle, yang dikira sebagai “deadliest marksman” dalam histori militer Amerika dengan korban meraih 255 orang. Filmya sendiri memetik banyak pujian serta kritikan mengenai penggambaran invasi Amerika ke Irak.

Walau dinominasikan di 6 kelompok, American Sniper cuma dapat membawa pulang Oscar untuk kelompok Best Sound Editing. Namun secara komersil, film ini memetik banyak pundi-pundi dollar dari penayangan di bioskop-bioskop seluruh dunia meraih $534 juta serta bertengger di posisi puncak sebagai film perang terlaris sampai sekarang ini.

8. Rescue Dawn

Cerita-cerita dari Perang Vietnam seakan-akan tak pernah habis untuk diangkat ke layar-lebar. Rescue Dawn yaitu satu diantaranya. Di bintangi oleh Christian Bale sebagai pilot pesawat tempur, Dieter Dengler, yang ditembak jatuh serta disekap oleh Vietcong serta usaha untuk melepaskan diri dari kamp penyekapan berbarengan seseorang rekan seperjuangannya.

Untuk berperan disini, Christian Bale kembali tampak kurus setelah sebelumnya sukses bikin gemuk tubuhnya untuk peran Bruce Wayne dalam Batman Begins. Walau memetik pujian dari kelompok kritikus film, Rescue Dawn tidak berhasil dalam peredaran bioskopnya, namun pada akhirnya sukses menghimpun dollar dari peredaran home video-nya.

9. We Were Soldiers

Mel Gibson bertindak dalam satu kejadian nyata pertempuran pertama pasukan Amerika dalam Perang Vietnam. We Were Soldiers diadaptasi dari buku We Were Soldiers Once… And Young karya Letjen Hal Moore serta reporter Joseph L. Galloway yang keduanya ikut serta dalam pertempuran itu.

Disutradarai oleh Randall Wallace, film ini dapat bercerita bagaimana reaksi serta kondisi psikologis untuk beberapa keluarga tentara Amerika yang anggota keluarganya diantar ke Vietnam. Ada yang terima, banyak juga yang menentang. Banyak peristiwa di film ini yang dapat menggetarkan hati pemirsa.

10. Jarhead

Jarhead adalah film perang yang lebih menitikberatkan pada sisi psikologis para marinir yang ikut berpartisipasi dalam operasi-operasi militer Amerika di Irak. Film yang dirilis pada tahun 2005 dan dibintangi oleh Jaky Gyllenhaal, Jamie Foxx, Peter Sarsgaard dan Chris Cooper ini mampu menampilkan kegalauan yang dialami para marinir begitu mengetahui maksud dan tujuan negaranya dalam menginvasi Irak sebagai negara berdaulat.

Perang tidak hanya berkecamuk di depan mata mereka, tetapi juga berkecamuk di dalam batin mereka yang masih memiliki hati nurani. Sam Mendes sebagai sutradara mampu menampilkan itu semua tanpa ada pihak yang disalahkan sehingga tidak menuai banyak kritikan.

11. Tears of The Sun

Tears of The Sun adalah film perang Amerika tahun 2003 yang menggambarkan misi tim penyelamat US NAVY SEAL di tengah-tengah perang sipil di Nigeria. Letnan A.K. Waters (Bruce Willis) memimpin tim yang dikirim untuk menyelamatkan warga AS, Dr. Lena Fiore Kendricks (Monica Belluci) dari perjalanan perang saudara ke rumah sakit hutannya. Film ini disutradarai oleh Antoine Fuqua.

Willis memproduksi film ini melalui Cheyenne Enterprises, perusahaan produksinya, dan mengambil judul dari sub-judul awal Live Free or Die Hard, film keempat dalam seri Die Hard. Film ini adalah kisah nyata tentang misi yang dilakukan oleh tim operasi khusus Kanada: JTF2

 

12. Saving Private Ryan

Saving Private Ryan merupakan film perang populer Amerika yang dirilis pada tahun 1998. Film ini disutradarai oleh sutradara terkenal dan ternama Hollywood, Steven Spielberg. Selain itu Saving Private Ryan juga dibintangi oleh beberapa aktor ternama, salah satunya tentu Tom Hanks yang saat itu berada di puncak popularitas karena terkenal selalu membintangi film-film yang sukses besar. Saving Private Ryan secara umum bergenre war atau perang, dengan unsur drama dan action. Film Saving Private Ryan ini menjadi salah satu film perang terbaik sepanjang masa. Selain itu tokoh Captain Miller yang diperankan Tom Hanks dan tokoh Private Ryan yang diperankan oleh Matt Damon sangat dikenal di dunia film internasional.
Film Saving Private Ryan menghadirkan medan perang yang real dan menegangkan. Penggambaran perang benar-benar dibuat seperti aslinya. Sound hingga visual effect film ini memang patut diacungi jempol. Saving Private Ryan juga sukses mendapat nominasi 11 Oscar Academy Awards. Lima di antaranya berhasil dimenangkan antara lain pada kategori Best Director, Best Cinematography, Best Sound, Best Film Editing dan Best Effects, Sound Effects Editing. Film ini juga mendapat respon positif, dengan rating IMDb 8.6 dan Rotten Tomatoes 92%. Saving Private Ryan pun disebut sebagai salah satu film perang terbaik dan terpopuler di dunia.

 

13. Behind Enemy Lines

Film bergenre action ini merupakan film garapan sutradara John Moore. Film ini dibintang oleh aktor Owen Wilson dan Gene Hackman. Film ini rilis pada 30 November 2001.
Film  ini menceritakan tentang misi perdamaian yang dilakukan oleh NATO. Misi ini dilakukan di perbatasan Bosnia pada tahun 1995 silam. Letnan Chris Burnett (Owen Wilson) dan Seorang Pilot bernama Jeremy Stackhouse (Gabriel Macht) berada di kapal di laut lepas. Letnan Chris sedang melakukan operasi pengintaian di suatu daerah yang mencurigakan.
Ia curiga dengan tempat itu karena banyak sekali aktivitas yang janggal di tempat tersebut. Ketika ia sedang melakukan pengintaian, Ia melihat dengan mata kepala sendiri jika beberapa orang sedang melakukan penguburan masal. Musuh yang mengetahui jika ada penyusup segera melakukan tindakan. Mereka menembak jatuh pesawat Letnan Chris. Beruntung ia masih selamat dan hidup, namun para penjahat tersebut masih mencari Letnan Chris.

14. Fury

Dibintangi oleh bebapa aktor terkenal seperti salah satunya Brad Pitt, film perang ini memberikan aksi perang yang menakjubkan yaitu menggunakan Tank. Fury merupakan nama yang diberikan tim Brad Pitt kepada tank mereka. Mereka tinggal dan tidur di dalam satu tank itu.

Tujuan mereka yaitu membunuh semua pasukan SS dimana saja mereka bertemu. Puncaknya ketika satu persatu pasukan Tank hancur, hanya Tank mereka lah yang tersisa. Dengan beranggotakan 5 orang, mereka melawan ratusan pasukan SS yang mereka jumpai.

Referensi :

Lahiya.com

http://namafilm.blogspot.co.id/2014/08/film-saving-private-ryan.html#ixzz44vNmzgxX

http://sinopsisperfilman.blogspot.co.id/

13 Comments Add yours

  1. Hi, You probably saw how Bitcoin increased over 900 over the course of last year. It was wild – but not totally unprecedented if you’d been watching cryptocurrency over the last several years. And here’s the crazy thing; There are many other coins that still have tons of room to grow. You may have heard of Ethereum, Litecoin, Ripple, and others… …but there are more coins – and many more opportunities – Follow this link to get the full story. http://bit.ly/-cryptocurrency Best regards

  2. Mannabase a new Cryptocurrency is actually giving away FREE coins every week to new users. The best part is they are a Humanitarian organisation set to be bigger than Bitcoin. This could be the Biggest Free Investment you ever make. If you have 5 Minutes spare read the Whitepaper these Guys are something else. http://bit.ly/-FreeCryptocurrency

  3. WordPress has now enabled voice comments for websites. Bring your website up to date and get the free plugin here, http://bit.ly/Voice-Comments

  4. Ceritanya membuat kita kadang menegangkan. Diantara 13 film tersebut manakah yang memiliki letting tertinggi?

  5. Ratri Galuh says:

    Dari ke-13 film diatas, manakah yang memiliki rating imdb terbaik ?

  6. The next time I just read a weblog, I really hope which it doesnt disappoint me up to this one. Get real, Yes, it was my choice to read, but I personally thought youd have something interesting to convey. All I hear can be a handful of whining about something you could fix in the event you werent too busy trying to find attention.

  7. I added a new list. As you’ll see it’s bigger than most of them. I hope you all have had a great week!

  8. Fritz Pardee says:

    This is a impressive story. Thanks! https://php665.com/

  9. Black on black in the Charger I’m creepin’ Rub me the right way, you might get a genie B.o.B, black Houdini https://php665.com/

  10. Roseann Wend says:

    Black on black in the Charg I’m creepin’ Rub me the right way, you might get a genie B.o.B, black Houdini https://php665.com/

  11. Hello. impressive job. I did not anticipate this. https://php665.com/

  12. Jose Vielle says:

    This is a impressive story. Thanks! https://php665.com/

  13. I’ve been having issues with my Windows hosting. It has set me back quite a bit while making the next list. This is the current list that I have. I should add another list in less than a week. I’ll let you all know when the next list is ready. Thank you for your patience.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *