Tak ada bedanya dengan taman hiburan

Sangat sedih dan kecewa melihat kondisi lokasi kapal PLTD apung yang sekarang ini. Dua tahun lalu aku datang ke sini, aku terkagum melihat bagaimana bisa ombak laut membawa kapal seberat 2.600 ton yang memiliki panjang 63 meter dan luas 1.900 m2 dari jauhnya laut disana bisa sampai ke daratan, maha besar Allah.  Aku melihat di bawah kapal tersebut masih banyak rumah-rumah yang hancur pagarnya. Di daerah sekitarnya pun juga banyak puing-puing bangunan yang hancur bekas tsunami. Dari kejauhan kapal ini memang tampak sangat jelas kalau ini bagian dari bencana maha dasyat Tsunami.

Setahun kemudian, aku melihat daerah ini sedang ada dilakukan renovasi. Selama beberapa bulan lokasi PLTD Apung ditutup. Baru bulan lalu aku berkunjung kesana, semuanya berubah, sangat – sangat berubah. Hanya kondisi kapal yang masih tetap murni. Sudah tidak tampak lagi kalau lokasi ini merupakan salaha satu korban bencana Tsunami. Puing-puing di sekitar sudah diratakan, lalu bagian bawah kapal nya sudah ditutup sehingga tidak terlihat lagi kalau kapal itu menghancurkan banyak rumah penduduk. Lokasi yang sekarang ini tidak beda jauh dengan Taman Rekreasi Dufan ataupun Taman Ancol. Dikarenakan kondisi di sekitar kapal yang sudah dirubah sedemikian rupa, kapal ini tidak terlihat lagi berasal dari tengah laut sana. Kapal ini seperti dibangun sendiri di lokasi ini. Mengapa tidak. Di sekeliling kapal sudah dibuat taman, lalu dibuat jalan aspal untuk pengunjung berjalan-jalan. Sangat berubah.

Seharusnya keaslian dari lokasi ini harus tetap dipertahankan agar lebih kelihatan bahwa ini merupakan saksi dari kehebatan bencana Tsunami. Namun sekarang tidak ada guna lagi, sudah dijadikan bisnis oleh orang-orang tertentu. Ini merupakan tempat yang harus dijaga keasliannya, mungkinpun jika tidak ada diletakkan papan pemberitahuan tentang kejadian kapal ini, orang-orang luar yang berdatangan tidak percaya kalau kapal ini berasal dari tengah laut sana.

Kondisi Kapal apung dan sekitarnya sebelum direnovasi

Kondisi Kapal Apung dan Perlengkapan lainnya sebelum direnovasi
Kondisi Pinggiran Kapal Apung sebelum direnovasi

 

Berikut gambar-gambar kondisi kapal apun dan sekitarnya sesudah direnovasi :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *